Featured Post

25 Masalah yang Sering Terjadi Pada Proyektor, Cara Menghindari dan Mengatasinya


25 Masalah yang Sering Terjadi Pada Proyektor, Cara Menghindari dan Mengatasinya



Dalam penggunaan alat atau barang elektronik pasti banyak terjadi masalah-masalah tertentu seperti kerusakan atau pun masalah lainnya yang bisa membuat kita sebagai pengguna atau pemilik dibuat kesal. Tentunya kita bingung bagaimana cara memperbaikinya, terlebih kita sebagai orang yang tidak mengerti secara spesifik tentang elektronik, dan cara yang paling ideal atau cara terakhir kita adalah dengan cara menservisnya pada orang yang tentu sudah ahli. Tentu hal tersebut membutuhkan biaya, oleh sebab itu kita harus bijak dalam mengunakan barang elektronik yang kita miliki. Dalam bahasan kali ini saya akan membahas barang elektronik yaitu Proyektor. Untuk menghindari kerusakan pada proyektor maka kita harus pandai-pandai untuk menghindari dan mengatasinya. 

Cara Menghindari dan Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Proyektor Kita



confused proyektor
Bingung ?

1. Proyektor tidak dapat menyala saat tombol power kita tekan

Masalah ini sering terjadi pada proyektor yang kita miliki mungkin karena penggunaan yang terlalu lama, dan juga jarang dinyalakan atau dihidupkan dalam jangka waktu yang lama. Agar terhindar kejadian seperti itu kita harus merawatnya dengan baik, selalu mengecek atau mencoba menghidupkan jangan sampai hanya dihidupkan waktu dibutuhkan saja. Dan cara mengatasinya bisa dengan memastikan kabel dari proyektor terhubung dengan baik, tidak longgar, dan sudah tersambung dengan aliran listrik.




port proyektor
Port Proyektor

2. Proyektor tidak dapat merespon sinyal

Masalah yang kedua ini juga sering terjadi pada proyektor. Maksud dari sinyal tersebut diatas adalah sinyal cahaya dari proyektor yang keluar atau terlihat di layar sama sekali tidak ada atau tidak adanya gambar yang terlihat. Agar terhindar dari kejadian seperti itu terulang maka kita harus sering mengecek apakah kabel port yang di masukkan sudah benar. Kalau kabel input yang di masukkan itu beda atau salah posisi maka gambar pada layar tidak akan keluar. Kemudian masih masalah kabel yaitu kabel VGA juga sudah tersambung dengan kabel VGA komputer atau laptop anda saat digunakan.



remote
Remote proyektor


3. Remote control tidak bisa digunakan atau bekerja

Dalam masalah ini seharusnya kita dapat mengatasi dengan sangat mudah. Yang jelas adalah masalahnya yaitu pada baterai remote yang sudah habis atau lemah. Untuk menghindari hal itu terjadi kita harus mempersiapkan baterai tersebut atau setidaknya kita bisa membeli di toko sekitar tempat tinggal anda.


screen
Ilustrasi

4. Gambar di komputer tidak keluar semua dilayar proyektor 

Yang dimaksud dalam masalah ini adalah gamabar yang keluar atau terlihat dilayar terpotong atau gambar yang terlihat berkualitas rendah. Maka sebaiknya kita harus menghindari dengan mempersipkan terlebih dulu yaitu dengan cara menonaktifkan layar laptop atau komputer yang anda pakai terutama ketika resulusi proyektor yang kita punya dan dipakai saat itu 640 x 480.



projector lamp
Lampu proyektor

5. Lampu LED mengalami kerusakan atau berkedip-kedip

Kadang barang yang kita gunakan tidak sesuai yang kita harapkan, salah satu kendala nya yaitu lampu LED mengalami kerusakan atau berkedip-kedip yaitu kita harus mengatasi dengan cara menjaga berapa lamanya s=proyektor itu kita pakai dan batasnya yaitu 1500 jam sampai 2000 jam perhari. Karena setiap proyektor berbeda-beda entah itu resolusi atau jenis dan merek nya. Jika proyektor berkedip itu biasanya karena masa lampu proyektor sudah habis, maka seharusnya kita menggantinya.



lensa proyektor
Contoh lensa proyektor

6. Tampilan LCD buram

Masalah untuk bagian LCD ini sangat sensitif dalam proyektor untuk itu kita harus sering membersihkan yang paling penting dan dirawat sebaik mungkin agar selalu bersih dan tidak menimbulkan masalah. Tetapi biasanya ketika lampu LCD buram itu terjadi karena umur lampu sudah memasuki masa habis, untuk itu solusinya dengan menggatinya.

bintik proyektor
Bintik proyektor

7. Gambar di proyektor memiliki titik-titik pada layar

Dalam masalah ini terjadi karena adanya debu atau partikel lainya yang terdapat di LCD proyektor. Untuk mencegahnya maka proyektor bisa dimasukin dalam tas atau kembali dimasukan dalam kadus pembungkus aslinya. Dan untuk mengatasinya kita harus membersihkanya, tetapi kalau kita belum ahli dalam hal itu sebaiknya kita meminta bantuan tenaga ahli, bila tidak malah menyebabkan kerusakan.

8. Premature shutdown atau nyala sebentar lalu mati

Biasanya kasus ini yang nyala lalu mati lagi biasanya terjadi karena trouble pada balast atau jalur menuju balasnya maka oleh sebab itu sekali lagi perawatan terhadap proyektor sangat peting, karena jika masalah itu terjadi karena ic regulator lemah. Utuk mengatasi masalah yang terjadi seperti itu maka langkah terahir yang harus dilakukan dengan menganti ic regulator.

fan proyektor
Fan Proyektor | source : infixcom

9. Fan error

Masalah yang seperti ini sangat bisa terjadi karena setiap barang buatan manusia bisa rusak, biasanya terjadinya disebabkan oleh propeller fan (inlet dan exhaust) sangat sensitif terhadap udara yang biasanya berdebu. Untuk solusinya kita harus membersihkanya supaya bersih dan normal lagi untuk cara bisa mencari di google dan jangan mencoba jika tidak bisa. Karena hal yang lebih baik tidak menambah kerusakanya lagi, harus diservis itu pilihan yang sangat bijak.

10. LCD proyektor yang berubah warna

Mungkin LCD proyektor yang kita miliki sering berubah warna menjadi tidak jelas seperti berubah warna jadi biru, atau merah. Untuk menghindari hal tersebut kita harus merawat dengan baik seperti tempat penyimpanan yang jauh dari terkena air, dan tentu pemakainya. Jika masalah yang terjadi seperti itu biasanya yang terjadi atau kerusakanya terletak pada :

  • Pada bagian konektor kabel VGA LCD proyektor yang mengalami kerusakan. Dan cara mengatasinya yaitu dengan menganti kabel dengan yang baru yang banyak dijual ditoko-toko elektronik dan komputer yang berada disekitar anda.
  • Kerusakan pada bagian transistor warna, elco yang menggelembung, rusak di solderan pada board LCD, dan rusak di bagian blok RGB pada IC warnanya jika anda bukan ahlinya saya sarannkan untuk membawanya ke tempat servis terdekat. 

11. Kipas tidak berputar

Masalah ini sangat sesitif jika kipas sampai tidak biasa berputar karena sangat mempengaruhi suhu proyektor itu sendiri menjadi sangat panas. Dan biasanya ini terjadi disebabkan over heat pada bagian unit egine. Solusinya jika anda ragu dan memang belum menguasai sebaiknya kami sarankan utuk diservis jangan sampai mencoba-coba jika memang tidak mempunyai latar belakang pendidikanya. 

12. Proyektor mati total

Jika terjadi masalah yang seperti ini jangan panik terlebih dahulu karena biasanya masalah ini terjadi karena kabelnya belum tersambung listrik, bisa juga ada yang longgar di colokanya, kemudian di ballast atau power suplay, dan juga pada lampu indikatornya. Maka yang harus kita lakukan untuk mengatasinya dengan harus segera membawa ketempat jasa servis.

13. Gambar "fuzzy"

Masalah ini juga dapat disebut dengan berlebihanya visual dari gambar pada layar. Biasanya ini terjadi karena masalah pada file yang anda punya, bisa juga terjadi karena masalahnya dengan hook up. Untuk menghindarinya melihat resulusi yang anda punya memang sudah benar atau belum dan juga bisa membersihkan hook up pada proyektor anda. Sekedar saran jika memang tidak bisa membersihkan sendiri sangat disarankan untuk menghubungi jasa sevis.

14. Proyektor redup

Dalam masalah ini kita sering menjumpai banyak sedikitnya proyektor yang kita pakai mengalami keredupan. Dan biasanya penyakit ini disebabkan oleh kita terlalu lama memakainya yang mengakibatkan lampu proyektor menurun ataupun bisa juga udah tua. Maka untuk mencegahnya hal semacam itu terjadi dan menimpa proyektor yang kita miliki kita harus menjaga lamanya pemakaian supaya proyektor yang kita milki tetap baik keaadaanya. Pada umumnya pemakain proyektor hanya 2000 jm atau lebih jadi jangan sampai melebihi batas waktu itu saat diapakai. Untuk cara yang harus kita lakukan atau atasi dengan menganti lampu proyektor tersebut ketempat servis. Untuk menghindari hal semacam itu terjadi dan nantinya kita yang merugi maka rawatlah proyektor itu dengan baik.

15. VGA input/video input tidak bisa tampil

Berikutnya masalah yang juga bisa saja terjadi pada proyektor yang kita punya seperti kasus yang saya sebutkan diatas. Untuk kasus yang seperti itu biasanya atau hal yang umum terjadi karena terjadi kerusakan pada main PCA. untuk masalah ini sebaiknya yang anda harus lakuakan, pertama dengan mereset Factory Default pada proyektor yang ada miliki, trus kemudian buat menu automatic search input, dan selanjutnya langsung direstart ulang. Caranya agar ada tidak kebingungan yaitu dengan googling caranya atau saran yang lebih baik dengan memanggil tukang servis yang ahli dalam bidangnya.

16. Lampu indikator pada Proyektor "standby" atau berkedip

Masalah yang kadang terjadi pada proyektor sangat beragam dan banyak misal seperti yang terjadi pada masalah lampu indikator mengalami standbay berkedip-kedip trus saat dinyalakan. Biasanya ini terjadi karena filternya kotor, blowernya yang mati, atau juga karena powerd boardnya yang mengalami kerusakan. Untuk itu solusinya membersihkan filternya, kemudian dibenerin pada blowernya dan powerd boarnya. Agar lebih efektif saran di panggil tukang servis untuk membenarkanya agar tidak terjadi atau menambah kerusakan

17. LCD proyektor ada bayangan hitam

Masalah ini bisa terjadi atau bahkan sering terjadi yaitu saat proyektor dinyalakan ada muncul bayangan hitam dilayar dan terlihat juga cahaya yang kurang bersih. Hail ini disebabkan karena karena kesalahan pemasangan bohlam HID yang semestinya return wirenya terpasang dibawah tetapi terpasang diatas, mungkin hal ini terjadi ketika kita menservis pryokertor kita tapi ada kesalahan pemasangan. Dan untuk mencegah hal ini terjadi sangat disaran kan untuk memilih tempat servis yang terpercaya, maka untuk mengatasinya dengan membalik dudukan projie saat pemasangan, kemudian bohlamnya tadi dipasang dengan posisi return wire dibawah yang tadinya di atas dan hasilnya bisa maksimal.

18. Tampilan proyektor bergaris

Dalam masalah ini sangat sering terjadi pada proyektor yang akan kita gunakan, biasanya hal ini terjadi disebabkan dengan versi masalahnya seperti main boardnya, DMD chip dan yang lebih sering terjadi karena LCD panelnya sering kemasuakan debu. Untuk itu untung menghindarinya sering memebersihkan projektor atau infokusnya. Untuk itu solusi yang sangat tepat untuk infokusnya dibersihkan, kemudian untuk DMD chipnya dan mainboardnya diservis untuk menghidari yang paling peting tidak terjadi kerusakan yang lainya pada proyektor kita.

19. Proyektor mengalami "over heat"

Masalah ini bisa terjadi juga pada perangkat elektronik lainya, untuk yang terjadi pada proyektor ini biasanya dikarenakan suhu yang terlalu panas di dalam bodinya, sebab umur proyektor yang sudah lama atau juga bisa terjadi di filternya yang kotor oleh debu. Untuk menghindari agar tidak terjadi dan terulang untuk filternya sering-sering dibersihkan supaya tidak terjadi masalah yang lebih parah lagi.

20.Proyektor berkekuatan tak menentu

Kembali ke permasalahan yang seperti ini juga terdapat pada proyektor dan juga menjadi masalah yang kadang bisa membuat kita pusing. Biasanya hal semacam ini terjadi karena disebabkan unit pada lampu tidak terpasang tepat atau arti lainya duduk dari unit lampunya yang tidak tepat. Maka sangat diaajurkan penemuan solusinya yaitu menginstal ulang unit lampu tersebut dan jika tidak bisa juga dapat diganti dengan yang baru, maka agar hal ini tidak terjadi kita harus kembali lagi merawat dengan baik proyektor kita, agar saat kita gunakan tidak ada kendalanya.

21. Lampu proyektor sering kali mudah putus atau mati

Jika salah satu sistem dari proyektor ini tidak berfungsi atau mengalami kerusakan mungkin kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan. Seperti dalam masalah yang terjadi yaitu seringya lampu proyektor yang putus. Kemudian untuk menghidari agar tidak terjadi hal semacam itu kita harus tau cara menghidupkan dan mematikan dengan cara yang benar atau tidak sembarangan. Untuk saranya gunakan proyektor sewajarnya dan untuk mengatasi lampu yang putus tadi kita harus menggantinya di tempat servis dan bisa juga belajar sendiri agar lebih menghemat biaya. Karena jika lampu itu yang rusak tidak mungkin untuk diperbaiki.

22. Kabel konektor yang tidak berfungsi

Yang tak kalah pentingya dari pengunaan proyektor yaitu kabel atau penghubungnya maka yang harus kita lakukan untuk mrenghidarinya jangan asal untuk memasang dan mencabut kabel tersebut, ketika menyimpan jangan digulung dengan kencang, sebisa mungkin agak longgar. Kemudian untuk mengatasi hal tersebut dianjurkan jika menggulung agar mengikuti pola lekukan kabel tersebut dan ketika merapikan untuk disimpan jangan diikat terlalu kencang kemudian simpan ditempat yang aman dan terhindar dari air.

23. "Panel keylock" atau lampu LED nyala tapi tidak terdapat gambar pada layar

Mungkin masih banyak masalah atau hal yang tidak kita duga yang terjadi pada proyektor yang kita miliki saat kita memang sangat membutuhkanya. Itu bisa terjadi karena yang paling utama dan yang paling umum biasanya pada lampu yang mengalami kerusakan. Untuk itu agar kejadian ini tidak terjadi pada proyektor kita bisa memaksimalkan penggunaanya. Dan kemudian utuk bisa berfungsi seperti semula kita harus menggantinya dengan lampu yang baru. Jika kita bisa atau mau mencoba disarankan agar ada buku atau tata cara pemasanganya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan. Pilihan yang sangat tepat kita harus membawanya ke jasa servis. 

24. Lensa proyektor meleleh

Jangan sampai masalah fatal pada proyektor kita terjadi yang mengakibatkan kerusakan yg parah dan tidak bisa digunakan lagi, karena sayang sekali jika proyektor kita yg kita beli dengan harga yang tidaklah murah dan belum tentu semua orang mepunyainya. Seperti yang sering terjadi pada proyektor ketika mengalami kerusakan lensanya yang meleleh ataupun juga bisa sampai terbakar. Untuk menghindarinya kembali lagi ke cara penggunaan yg sewajarnya dan secukupnya. Maka dalam mengatasi hal semacam itu kita harus menggganti lensa ketempat jasa servis agar bisa kembali hidup normal dan tidak mengalami kerusakan parah. 

25. "The panel key is locked" atau tombol proyektor terkunci

Pada dasarnya masalah yang yang terjadi pada alat elektronik yang kita gunakan ada yang mudah dan ada yang sulit. Cotohnya yang terjadi ketika tombol pada proyektor yang tidak biasa dibuka yang sepertinya sepele tapi ketika kita tidak bisa mengatasinya akan menjadi sangat sulit. Biasanya itu terjadi karena tombol yang ada diproyektor terkunci untuk mengunci proyektor tersebut agar hanya dapat dibuka dengan remote control. Dan sangat di anjurkan bagi kita harus mengetahui cara atau bagaimana cara pemecahan masalahnya. Untuk cara mengatasinya yaitu dengan menekan dan menahan tombol menu di proyektor selama 10 detik, tapi sebelum itu proyektor harus dalam keadaan standby.


Jadi itu adalah masalah umum yang beberapa masalah yang sering kita dapati saat kita memiliki proyektor.  Namun tentunya masalah masalah yang kami sampaikan di atas bisa jadi mempunyai kekhususannya sendiri yang tentunya  memerlukan penanganan lebih lanjut. Semoga artikel kami ini bisa sedikit membantu. Jika berkenan, anda bisa meninggalkan komentar di bawah untuk kesempurnaan artike ini selanjutnnya. Kami akan sangat menghargainya. terimakasih. Wassalam
 

Terhubung

Lokasi Kami