Featured Post

Kesalahan dalam Penyebutan Proyektor

Kesalahan dalam Penyebutan Proyektor


proyektor
Ilustrasi Proyektor

Teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk memudahkan kehidupan manusia. Sebagian orang mengenal serta memahami dengan baik teknologi yang mereka gunakan akan tetapi ada juga sebagian orang yang hanya mengenal teknologi yang mereka gunakan tapi tidak memahami tentang apa yang mereka gunakan. Saya rasa untuk kedua istilah ini memiliki penafsiran yang berbeda. Mengenal artinya hanya mengetahui apa yang digunakan secara umum sedangkan memahami artinya mengenal sekaligus bisa menggunakan dengan baik teknologi yang mereka gunakan. Sebagai contoh beberapa orang mengenal istilah proyektor dengan istilah Infocus padahal infocus merupakan  merek dari proyektor yang mereka gunakan. Infocus merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang berpusat di Wilsonvile, Oregon. Mungkin kebanyakan orang menggunakan istilah infocus karena pada dasarnya ini merupakan salah satu merek proyektor yang sering digunakan oleh orang. Kita ambil contoh lain, Di daerah terpencil Indonesia bagian timur ada beberapa orang menggunakan istilah Honda untuk semua motor contohnya ketika ingin menyebutkan motor yamaha, suzuki dan Kawasaki mereka menyebutnya dengan sebutan Honda yamaha yang artinya motor yamaha. Istilah ini melekat karena mereka mengenal motor tersebut dengan istilah Honda dan ini juga terjadi ketika ada sebagian orang menggunakan istilah infocus untuk menyebutkan proyektor. Pemahaman tentang teknologi merupakan salah satu pengetahuan yang harus dimiliki khususnya pada anal milenial oleh sebab itu saya akan membahas tentang Istilah-istilah yang sering digunakan untuk penyebutan proyektor yang sekiranya akan menjadi pengetahuan tambahan untuk sahabat sekalian.  

Istilah-istilah yang sering digunakan untuk sebutan lain dari proyektor


infocus projector
Proyektor Infocus

1. Infocus

Kita tahu bahwa infocus merupakan perusahaan Amerika Serikat yang yang didirikan pada tahun 1986. Perusahaan ini bergerak di bidang pengembangan, produksi dan pendistribusian DLP dan LCD proyektor, perangkat lunak, tablet, smartphone dan aksesoris. iIstilah infokus itu sendiri sering digunakan orang-orang yang tidak begitu paham tentang proyektor.  Buat sahabat yang sudah memahami dengan jelas tentang proyektor itu sendiri kadang merasa aneh ketika mendengar orang-orang menggunakan istilah Infocus untuk proyektor. Padahal ini merupakan salah satu merek dari proyektor yang sahabat gunakan. Seperti saya jelaskan pada paragraf pengenalan di atas bahwa orang-orang menggunakan istilah ini karena mereka melihat merek yang tercantum pada proyektor tersebut kemudian mereka menyimpulkan bahwa infocus merupakan nama dari alat yang mereka gunakan.



not led
Bukan LED

2. LED

Mungkin beberapa orang mengatakan bahwa led sebagai istilah lain dari proyektor hanyalah sesuatu yang saya asumsikan sendiri akan tetapi istilah ini saya masukan karena sesuai dengan fenomena yang saya dapatkan di lapangan. Beberapa orang menggunakan istilah ini karena ada beberapa postingan iklan penjualan atau penyewaan yang menggunakan nama LED proyektor sebagai sebutannya. Oleh sebab itu sebagian orang menggunakan kata LED dengan menghilangkan kata proyektor sebagai sebutannya dan hasilnya menjadi LED. Untuk membuktikan informasi ini akurat atau tidaknya sahabat bisa melakukan survei dengan bertanya kepada orang-orang di sekeliling teman-teman sekalian.


sewa proyektor
Proyektor

3. Proyektor dan Projector

Untuk teman-teman yang sudah mengetahui tentang proyektor, pastinya sahabat lebih melekat dengan istilah proyektor ataupun projector. Ini merupakan istilah yang bisa dikatakan istilah yang benar. Sahabat bisa mengecek di mesin pencari seperti google untuk memastikan istilah tersebut.  Sebagian besar keyword yang digunakan dalam mesin pencari untuk alat yang dapat menampilkan suatu gambar di sebuah layar atau yang biasa kita kenal dengan sebutan proyektor atau projector yaitu kedua istilah tersebut.

Dengan tulisan tersebut saya berharap dapat membantu sahabat yang sedang bingung tentang pengucapan yang benar dari alat yang digunakan untuk  menampilkan sebuah gambar ke layar. Untuk sahabat yang sebelumnya belum tahu, sekarang saya rasa sahabat sekalian sudah bisa membedakan dengan jelas bahwa infocus itu merupakan merek dari proyektor yang sahabat gunakan sedangkan led meruapakan jenis teknologi yang terdapat pada proyektor atau projector.


Lokasi Kami