Featured Post

Manfaat Penggunaan Proyektor

Manfaat Penggunaan Proyektor

proyektor
Ilustrasi Proyektor


Sebagaimana kita ketahui bahwa sekarang merupakan era di mana kita harus menyesuaikan diri kita dengan perkembangan zaman. Banyak kemauan-kemajuan yang dilakukan manusia untuk meningkatkan taraf hidup atau bisa dikatan sebagai sarana untuk mempermudah aktivitas keseharian kita. Dalam hal ini manusia melakukan kemajuan-kemajuan di berbagai bidang seperti melakukan kemajuan di bidang pengetahuan dan teknologi. Kita bisa melihat bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pendidikan zaman dulu dengan zaman sekarang ataupun penggunaan teknologi zaman dulu dan sekarang. Sebagai contoh pada saat kita melakukan presentasi. Dulu untuk membuat presentasi yang menarik kita harus membutuhkan media yang begitu banyak seperti papan tulis, spidol dan pembuatan karikatur dengan cara manual. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para pendengar agar tertarik dengan apa yang dijelaskan oleh pembicara. Selain itu ini juga bertujuan untuk mempermudah para pendengar memahami apa yang dijelaskan oleh pembicara. 
Sekarang ini, bisa dikatakan sebagai zaman yang super canggih karena banyak aktivitas manusia yang sudah dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa untuk melakukan presentasi yang menarik kita harus membutuhkan media yang banyak dengan cara cukup ribet akan tetapi  sekarang ini, melakukan presentasi yang menarik itu sangatlah mudah hanya dengan menggunakan teknologi-teknologi yang sudah dirancang sedemikian rupa, keinginan kita untuk membuat presentasi yang menarik itu bisa dikatakan bukanlah hal yang mustahil. Salah satu teknologi yang akan membuat presentasi kita agar tampak menarik yaitu dengan penggunaan proyektor. Ini merupakan teknologi yang ditemukan Gene Dolgoff di New York yang lokasinya terletak di daerah antara Atlantik Tengah dan Timur laut Amerika Serikat. Pada kesempatan ini, saya sebagai penulis ingin menjelaskan tentang manfaat-manfaat dari penggunaan proyektor secara umum dan manfaat penggunaan proyektor menurut masyarakat yang basisnya kurang update tentang teknologi.

Manfaat-manfaat dari penggunaan proyektor yaitu sebagai media presentasi, menonton video, dan pendukung kesuksesan acara tertentu. 


presentasi bersama
Presentasi

Sebagai Media Presentasi

Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempermudah kehidupan manusia. Dalam hal ini saya akan membahas tentang proyektor sebagai media presentasi. Sebelum adanya proyektor kita masih menggunakan presentasi dengan cara menuliskan materi-materi yang kita presentasikan melalui media papan tulis seperti whiteboard dan  tak kalah jadulnya yaitu dengan menggunakan balckboard. Sedikit pengetahuan tambahan, blackboard merupakan media yang dipakai untuk mengajar seperti halnya whiteboard tetapi tinta yang digunakan untuk menulis masih menggunakan kapur. Mungkin untuk sekarang ini sudah menjadi hal yang sangat langka untuk kita temui pengajar yang masih menggunakan blackboard dan kapur sebagai media proses pengajaran. Kembali lagi ke pembahasan, tidak bisa kita pungkiri bahwa proyektor memiliki manfaat yang sangat banyak sebagai media presentasi. Dengan menggunakan proyektor materi yang akan kita sampaikan akan lebih mudah dimengerti oleh para pendengar. Selain itu, ini juga mengatasi kejenuhan mahasiswa ketika menerima pembelajaran dari dosen-dosen mereka ini dikarenakan dengan menggunakan proyektor presentasi yang akan kita sampaikan bisa dibuat semenarik mungkin dengan fitur yang sudah tersedia seperti power point. kemudia, dengan menggunkan proyektor sebagai media pendukung presentasi, kita bisa mendapatkan perhatian para pendengar. Ini merupakan langkah yang sangat bagus untuk mensukseskan presentasi kita. Setelah kita mendapatkan perhatian dari para pendengar, pastinya untuk melakukan interaksi dengan para pendengar bukanlah hal yang sulit. Presentasi dengan kematangan penguasan materi kemudian dengan penggunaan media pendukung presentasi seperti proyektor, maka dipastikan keberhasilan sudah ditangan teman-teman sekalian.

nobar
Nonton bareng

Menonton Video

Selain bermanfaat untuk presentasi, proyektor juga sangat bermanfaat untuk hiburan seperti menonton video. Jika kita bandingkan menonton video dengan ukuran layar yang cukup kecil dengan ukuran layar yang besar katakanlah seperti menonton video dengan menggunakan telepon pintar dan menonton video dengan menggunakan televisi. Teman-teman pasti bisa membedakan seberapa menyenangkan menonton dengan menggunakan  televisi ketimbang dengan menggunakan telepon pintar. Akan tetapi untuk beberapa alasan tertentu orang-orang lebih menggunakan telepon pintar untuk menonton video sebagai contoh sebagian besar orang memilih menonton video dengan menggunakan telepon pintar karena bisa di bawa kemana-mana, tetapi dengan alasan tertentu juga menonton video dengan menggunakan tv juga sangatlah menyenangkan. Ini disebabkan karena perkembangan teknologi sehingga fitur-fitur yang terdapat dalam telepon juga dimiliki oleh televisi seperti koneksi Internet, acara-acara  tv yang di akses secara online dan lain-lain. Dan alasan yang paling mendasar yaitu karena layar yang digunakan televisi lebih besar ketimbang telepon pintar. Sekarang ini ada teknologi proyektor yang bisa digunakan untuk menonton video dengan skala yang sangat besar bahkan sebesar ruangan kamar kita contoh seperti di bioskop-bioskop. Semua bioskop yang tersedia menggunakan teknologi proyektor untuk menonton video. Tentu ini sangatlah menyenangkan buat kita apalagi dilengkapi dengan soundsystem yang mengeluarkan suara yang cukup keras. Ini akan membuat suasana lebih terasa  ketika menonton video dengan proyektor seperti di bioskop. Sekarang ini jasa sewa proyektor sudah tersedia di berbagai daerah seperti di Yogyakarta, Purwokerto, Malang, Solo abhkan di seluruh Indonesia, jadi teman-teman bisa memggunakan jasa tersebut untuk menikmati bioskop di rumah dengan menggunakan jasa sewa proyektor atau teman-teman bisa langsung membelinya di toko-toko elektoronik.

event
Event

Pendukung Kesuksesan Event Tertentu

Tidak bisa pungkiri bahwa kesuksesan acara-acara tertentu tidak terlepas dari peran penggunaan proyektor dalam acara tersebut. Kita ambil contoh, beberapa acara yang biasanya menggunakan proyektor sebagai media untuk kelancaran acara tersebut seperti tonton bola bareng, seminar, pelatihan, rapat, pernikahan dan masih banyak lagi. Untuk acara-acara besar biasanya menggunakan proyektor dengan kemampuan lumens yang cukup besar seperti acara event organizer yang biasanya menggunakan proyektor dengan kemampuan lumens berkisar 5000 - 10.000 lumens. Jika acara yang diadakan itu pada siang hari sebaiknya menggunakan lumens dengan pencahayaan berkisar 3000 hingga 3.500 lumens sebagai contoh kuliah di siang hari ataupun acara pernikahan yang yang diadakan di luar ruangan seperti taman ataupun halaman rumah. (lakukan research)

apa itu proyektor
Apa ini

Menurut Masyarakat Yang Kurang Update Teknologi

Bagi orang-orang yang sering menggunakan proyektor ini, pastinya mereka dapat mengetahui dengan jelas dengan kegunaan dari proyektor itu sendiri akan tetapi bagaimana dengan orang-orang jarang yang menggunakan media ini. Katakanlah orang-orang yang kurang update teknologi.  Pernah saya bertanya kepada seorang guru yang umurnya kurang lebih kisaran 35 tahun. Ketika saya tanya apakah di sekolah bapak  sering menggunakan proyektor? beliau pun menjawab apa itu proyektor?. Kadang istilah ini masih sangat asing untuk orang-orang tertentu. Kemudian, saya jawab proyektor itu alat yang biasanya digunakan untuk presentasi, bilau pun merespon oh infokus, kalau proyektor saya tidak paham biasanya saya kenal dengan sebutan infokus”. Kemudian saya bertanya apa yang beliau ketahui tentang infocus. Beliau pun memberikan pendapatnya mengenai kegunaan proyektor itu sendiri. Proyektor merupakan salah satu media yang sangat membantu kami dalam hal memberikan penjelasan yang menarik kepada siswa akan tetapi di sini saya tidak terlalu paham bagaimana cara untuk menggunakannya jadi saya harus meminta bantuan dari guru-guru muda yang bisa mengoperasikannya dan terkadang saya juga meminta bantuan murid-murid yang memahami tentang ini. Walaupun saya dapat mengoperasikan komputer akan tetapi untuk hal ini saya tidak begitu paham. Selain bertanya ke beliau saya juga bertanya ke teman-teman saya  yang sebagian besar anak kuliah. Sebagian besar mereka memberikan penjelasan yang merujuk kepada proyektor sebagai media presentasi. Berdasarkan data tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar orang yang kurang memiliki pengetahuan tentang teknologi lebih condong mengenal proyektor sebagai media presentasi. Walaupun mereka hanya mengetahui sebagian kecil dari kegunaan proyektor ini akan tetapi mereka sudah dapat memanfaatkan teknologi itu sendiri. Dengan penjelasan ini, saya berharap orang-orang bisa mengetahui manfaat-manfaat yang mereka peroleh dari penggunaan proyektor. Tidaknya sebagai media presentasi akan tetapi untuk kebutuhan-kebutuhan lain seperti acara pernikahan, tonton bola bareng dan masih banyak lagi.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah membantu aktivitas-aktivitas manusia. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kita bisa membedakan bedanya sistem pengajaran dengan menggunakan media papan tulis dengan pengajaran yang menggunakan proyektor. Tentu dengan adanya proyektor ini sangatlah membantu kita karena ini bisa diterapkan sebagai media peresentasi, hiburan seperti menonton video/film serta penunjang untuk sukseskan acara-acara tertentu. Dengan adanya artikel ini, penulis berharap para pembaca dapat memanfaatkan dan lebih memahami penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari para pembaca khususnya lagi memahami tentang manfaat-manfaat dari penggunaan proyektor itu sendiri.

Lokasi Kami