Featured Post

10 Fitur Proyektor yang Anda Mungkin Tidak Tahu


Mungkin banyak dari sam dan mbak yang tidak tahu tentang fitur - fitur dalam proyektor. Nah artikel ini membagi sedikit info tentang fitur yang ada di proyektor. Untuk sam dan mbak yang mau membeli proyektor baiknya menyimak artikel ini.


Aspect ratio

Proyektor selalu memiliki 2 tipe rasio gambar yang pertama adalah standart video format dan yang kedua adalah widescreen format. Keduanya memiliki rasio gambar yang berbeda, untuk yang standart video format biasanya memiliki rasio 4 : 3 artinya 4 panjang banding 3 lebar. Untuk widescreen format ukurannya adalah 16 : 9 artinya 16 panjang gambarnya banding 9 lebarnya.

Ilustrasi Image Ratio



Lens throw ratio

lens throw ratio bisa dibilang seperti fitur untuk mengukur jarak optimal pada proyektor. Jika menginginkan tampilah yang optimal pada proyektor biasanya kita harus memperhatikan fitur rasio pada proyektornya, karena ada proyektor proyektor tertentu yang memiliki rasio khusus. Lens throw ratio proyektor biasanya ada 4 tipe lensa rasio.

  • Standart throw lenses : Tipe ini adalah tipe yang paling standart dan selalu ada di semua proyektor, rasio lensa nya sekitar 2.0 : 1. Jadi praktisnya adalah jika anda ingin mendapatkan gambar seluas 2 meter berarti proyektor harus diletakkan 4 meter dari layar.
  • Short throw lenses : Untuk tipe short throw lenses ini kita bisa menempatkan proyektor lebih dekat ke layar/screen. Biasanya tipe ini memiliki rasio 0.8 : 1 yang berarti kita bisa mendapatkan gambar seluas 2 meter hanya dengan jarak penempatan proyektor 1,6 meter dari layar.
  • Ultra short throw lenses : Mungkin hanya beberapa proyektor yang memiliki fitur ini, karena fitur ini kita bisa menyimpan ruang lebih untuk meletakkan proyektor dan membuat kita tidak perlu khawatir jika harus mondar mandir atau menghalangi proyektor. Fitur ini ukuran rasionya adalah 0.1 : 1 jadi jika proyektor ditembakkan pada bidang berukuran 77” proyektor bisa diletakkan hanya sejauh 18cm.
  • Long throw lenses : Fitur ini memungkinkan anda untuk meletakkan proyektor jauh dari screen/bidang yang ingin ditembak. Biasanya proyektor dengan fitur ini dipakai untuk venue besar seperti konser, theater atau untuk ballroom.

Rasio Jarak Tembak
Tipe
Jarak tembak
0,1:1
Ultra Short Throw
20cm
0,8:1
Short Throw
1,6m
1,3:1
Short Throw
2,6m
2,0:1
Standart
4m
4,3:1
Long Throw
8,6m
5,7:1
Long Throw
11,4m
9,0:1
Ultra Long Throw
18m





Ilustrasi Lensthrow


Zoom lens


Teman teman pasti tahu apa itu zoom, seperti pada zoom di kamera digital ataupun hp zoom lens di proyektor kegunaan juga untuk membesarkan dan mengecilkan gambar yang ditampilkan. Zoom di proyektor terletak pada lampu proyektor, zoom pada proyektor juga ada batasannya jika zoom sudah mentok biasanya pengguna proyektor akan memundurkan/menjauhkan proyektor dari screen. Zoom memiliki 4 macam tipe yaitu digital zoom, optical zoom, motorized zoom dan manual zoom, berikut kami jabarkan perbedaannya.


  • Digital zoom : Tipe zoom ini secara otomatis memotong gambar yang akan dizoom lalu membesarkan hasil pemotongan tersebut zoom ini mempunyai efek menurunkan kualitas dari gambar karena prosesnya membutuhkan pixel yang di paksa dibesarkan.

  • Optical zoom : Optical zoom sebenarnya sama dengan digital zoom tetapi bedanya zoom ini menggunakan lensa zoom yang dibesarkan. Kualitas gambarpun tidak berkurang karena zoom ini.
  • Motorized zoom : Fitur ini mempermudah kita untuk mengatur zoom melalui remot ataupun tombol yang ada di proyektor.
  • Manual zoom : Untuk yang ini kita secara manual mensetting zoom melalui lensa nya dengan cara menggeser arah pegangan zoom ke kanan ataupun ke kiri.

     
    Ilustrasi Zoom
     
Focus

Seperti halnya focus pada kamera fitur ini juga berfungsi untuk memfokuskan gambar yang dihasilkan proyektor. Focus dan zoom lens sangat berkaitan karena jika kita melakukan zoom pasti gambar tampilan pada layar akan tidak fokus nah fitur ini lah yang membantu fitur zoom agar lebih optimal dalam penggunaannya. 

Lens shift

Fitur ini mempunyai fungsi untuk mengoreksi tampilan ke bentuk yang benar, maksudnya adalah biasanya saat kita memakai proyektor tetapi penempatan proyektornya tidak segaris dengan screennya pasti tampilan gambar dari proyektor akan miring atau tidak simetris. Nah fitur lens shift berguna untuk mengoreksi agar gambar yang di tampilkan simetris. Tetapi kelemahan fitur ini adalah biasanya untuk kasus yang rumit seperti ujung gambar yang melengkung atau letak proyektor tidak sempurna yang membuat gambar di layar tidak simetris, fitur ini tidak akan berfungsi. Tetapi jangan khawatir dulu karena fitur lainnya seperti keystone dapat memperbaiki itu. Lens shift mempunyai 2 tipe, pertama adalah Vertical lens shift yang berguna untuk memperbaiki arah gambar keatas maupun kebawah, yang kedua adalah Horizontal lens shift yang kegunaannya memperbaiki gambar yang miring, fitur ini mempermudah kita jika ingin meletakkan proyektor lebih tinggi dari layar maupun di samping depan layar yang digunakan. 

Lens Shift
Keystone correction

Untuk fitur ini hampir sama kegunaannya dengan lens shift, bedanya adalah keystone digunakan untuk mengoreksi tampilan yang rumit misal tampilan melengkung, tidak simetris, miring dan lain lain. Nah keystone ini sangat berguna saat proyektor yang kita gunakan diletakkan tidak sejajar dengan layar yang tersedia. Jadi jika lens shift berguna hanya pada dalam kondisi letak proyektor sejajar dengan layar, keystone bisa melakukan yang sebaliknya. Keystone memiliki 2 tipe yaiut vertical keystone dan horizontal keystone, kami beri sedikit gambaran untuk kedua tipe tersebut
  • Vertical keystone correction : Biasanya dipakai untuk proyektor yang diletakkan diatas layar maupun lebih pendek dari layar yang tersedia.
  • Horizontal keystone correction : Tipe ini digunakan jika letak proyektor miring dari screen contohnya disebelah kanan atau kiri dari screen yang dipakai.
     
    Ilustrasi keystone correction

Terhubung

Lokasi Kami